cara melatih kepekaan mata batin

Ingin mengetahui cara meningkatkan dan melatih kepekaan mata batin anda secara alami? Anda bisa menyimak artikel di bawah ini dan membuktikannya sendiri.

baik, mari kita mulai...

Melatih kepekaan mata batin dalam artikel ini, saya batasi hanya meliputi cara melatih kemampuan untuk menebak atau melihat gambaran atau menerima visualisasi dalam batin, sesuatu yang tidak dilihat, tidak terlihat atau tidak dapat dilihat oleh mata manusia normal pada umumnya.

tapi tidak termasuk didalamnya, teknik atau cara mengaktifkan otak atau cara melatih kepekaan otak.

karena menurut hemat saya, istilah mengaktifkan otak itu selain harus dirangsang secara eksternal, tapi juga harus dibantu secara internal, antara lain oleh pasokan darah, oksigen, biolistrik dan gizi yang cukup kepada organ otak itu sendiri.

kepekaan mata batin itu sendiri, atau kepekaan indera keenam, atau kepekaan intuisi itu sangat luas ruang lingkupnya, bahkan menurut pendapat saya hampir tidak ada batasnya.

Karena itu, maka menurut hemat saya, cara untuk melatih kepekaan mata batin, atau cara melatih indera keenam atau cara melatih kepekaan intuisi itu, pasti akan sangat banyak macamnya.

Namun, cara melatih kepekaan batin di bawah ini bersifat universal dan obyektif. universal dalam arti, bisa dilakukan oleh segala usia dan keyakinan yang dianut. obyektif dalam arti, hasilnya bukan subjektif atau bukan sesuai dengan keinginan, imajinasi atau khayalan sendiri.

Ok, cukup jelas ya..
saya perlu menegaskan hal di atas, agar pembaca tidak khawatir apalagi takut.

www.brixcms.org


Baik, selanjutnya, anda perlu melakukan latihan ini minimal dengan bantuan satu orang teman. jangan lupa doa sebelum melakukan setiap latihan di bawah. Ok langsung saja kita simak latihan-latihan berikut :

Persiapan awal


  1. lakukan teknik pengaturan nafas sederhana yang ada di halaman cara melatih kepekaan tangan di situs ini.
  2. setelah nyaman, pejamkan mata. coba lihat kedalam pikiran anda. jika ada ingatan, sebuah ide, sosok, hayalan, rencana, endapan-endapan emosi, ucapan anda sendiri yang muncul silih berganti dalam pikiran, biarkan saja. ikuti saja. jangan dilawan. tapi jangan ditanggapi atau mencoba mengomentarinya. tonton saja.
  3. lalu sekarang, niatkan. cukup niatkan, untuk menenangkan pikiran anda, menenangkan hati anda.
  4. tunggulah sampai semua gambaran atau ucapan anda sendiri yang muncul pada poin 2 di atas hilang dengan sendirinya, nikmati keheningan tersebut sejenak...syukuri... 
  5. selesai

cobalah teknik di atas, beberapa kali. saya katakan teknik di atas adalah teknik "zero mindset control".

maksudnya, anda  membiarkan mindset, opini, sugesti, asumsi yang selama ini berada dalam pikiran anda dan kerap muncul dalam berbagai wujud dan simbol, untuk masuk sendiri ke dalam 'kotak memori' otak anda.

anda belajar melatih untuk melepaskan dominasi ego, pikiran dan mindset anda selama ini - untuk mengontrolnya.

jujur, tidak mudah. tapi bukan berarti tidak bisa. malah, sekali saja sudah 'tune-in', maka selanjutnya akan lebih mudah.

Nanti, latihlah langkah di atas, di ruang tv, di dalam bis, di dalam kelas, ditempat mana saja yang kira-kira banyak orang, gaduh dengan suara, atau penuh dengan wewangian atau bebauan.

sebagai tambahan. Jika anda muslim, coba terapkan teknik ini ketika anda sholat. namun bayangkan bahwa anda dilihat oleh-Nya dan fokuskan dgn ucapan sholat saja. InsyaAllah bermanfaat.

Kembali ke persiapan awal.

coba lakukan teknik sederhana ini minimal sekali dalam sehari. catat, berapa lama waktu anda 'mulai' sampai dengan mencapai 'titik hening'. yaitu titik dimana pikiran dan hati anda tenang, tidak terpengaruh oleh faktor eksternal dan internal.

Hening bukan berarti 'blank'. justru sebaliknya. panca indera semakin waspada dan peka terhadap input disekitar anda. tetapi anda dapat mengontrol penuh reaksi tubuh anda. kira-kira seperti itulah kondisinya...

semakin cepat waktunya, semakin baik. persis seperi tombol saklar On dan Off sebuah lampu yang dapat dinyalakan seketika.

Latihan kepekaan mata batin


latihan ke-1 : menebak warna dan bentuk
  • tentukan 5 warna. merah, biru, kuning, hitam dan hijau
  • siapkan krayon atau spidol dan kertas kosong
  • tutup mata anda, santai, rileks, lakukan teknik "zero mindset control"
  • sekarang, mintalah teman anda mewarnai kertas itu dalam dengan sebuah warna. tidak perlu satu kertas penuh. cukup lingkaran berwarna. warna apa saja, bebas. anda tidak boleh melihatnya. lalu lipat dan simpan.
  • lakukan sampai ada lima kertas berwarna yg dilipat dan tertutup rapat
  • pada saat teman anda mewarnai dan melipat, niatkan dalam hati untuk menerima bayangan, visualisasi, gambaran baik dalam bentuk warna itu sendiri maupun dalam kata, di dalam hati, untuk masing-masing kertas yang dilipat.
  • bila muncul urutan warna, catat dan ingat.
  • tetapi...bila belum ada warna yg muncul, dalam keadaan mata tertutup atau terbuka, coba pegang masing-masing kertas tsb. lalu coba tebak apa warna di dalamnya. 
  • caranya, ON kan teknik di atas sambil santai, lalu bilamana muncul sebuah warna, langsung katakan saja. jangan biarkan, "keheningan" yang muncul dirusak oleh perasaan khawatir, ragu, bingung, panik, gengsi (kalau-kalau tebakan anda salah), perasaan tidak yakin, pokoknya, jangan biarkan otak anda berpikir. karena apa yang tidak terlihat, sulit untuk dipikirkan. sehingga, buah pikiran yang muncul merupakan syak wasangka saja. 
  • ini melatih intuisi. kepekaan mata batin anda, bukan melatih kemampuan berpikir.
  • jangan lama-lama. ketika muncul warna pertama dalam hati atau pikiran. langsung sebut saja. jangan biarkan muncul warna kedua, ketiga, lalu akhirnya yang ada kebingungan.
  • lalu lakukan untuk kertas selanjutnya hingga kertas kelima.
  • lakukan ulang step di atas, hanya sekarang tentukan 3 bentuk geometris. misal, lingkaran, segitiga dan kotak. coba tebak

jika pada saat anda niat, sedangkan teman anda masih mewarnai gambar, lalu anda sudah menerima urutan warna dalam batin. sedangkan teman anda belum juga selesai melipat kertas kelima... maka , jawabannya coba anda sebutkan urutan warna tersebut.

biasanya warna tersebut merupakan urutan teman anda mewarnai. jika benar  tebakan anda, maka itu tanda bahwa kepekaan mata batin itu dapat menembus suatu perbuatan sebelum perbuatan itu terjadi.

kejadian ini pernah terjadi dalam sebuah sesi uji coba yg penulis lakukan.

jika belum ada gambaran yang muncul, maka pancinglah dengan memegang masing-masing kertas, seolah anda bisa melihatnya tembus pandang. santai saja.

bagi anda yang memiliki bakat, maka menebak hal di atas bisa jadi sangat mudah. seolah ide itu muncul begitu saja dalam hati atau pikiran.

tapi bagi kita yang awam. kita harus melatih teknik persiapan di atas.

catatan penting dan kunci dalam proses latihan ke-1 di atas adalah :
  1. membiasakan melatih teknik zero mindset control
  2. niat. niat. kuatkan niat.
  3. jangan mencoba berpikir, tunggu gambaran atau kata apa yang muncul dalam batin setelah anda mengarahkan niat
  4. jangan gengsi kalau salah. pikiran takut salah karena gengsi justru bisa membuat anda bingung dan salah, nothing to lose aja
  5. ragu-ragu... sebab rasanya memang seperti tebak-tebakan biasa saja. padahal ini bukan sebuah kebetulan. intuisi anda mulai aktif!
  6. santai, rileks, semakin sering dilatih. semakin tinggi prosentase tebakan anda benar, itu pertanda intuisi anda aktif.
  7. lakukan latihan dengan anak anda. anda bisa terkejut dengan kemampuan anak anda.
kuasai latihan di atas dulu sebelum melakukan latihan di bawah ini yang lebih menarik dan menyenangkan!

latihan ke-2 : menebak gambar dan warna
  • siapkan pulpen dan kertas
  • minta teman anda untuk menggambar bebas, misalnya gambar rumah tingkat, ada mobil, ada 2 orang dewasa dan satu anak kecil, lalu ada kolam ikan, di sebelahnya ada mesjid. bayangkan oleh kawan anda masing masing warna benda di gambar tadi, lalu tulis saja warnanya. tidak perlu diwarnai. jika terbayang merek mobilnya, tulis saja merek nya. bila jenis kelamin orangnya terbayang tulis saja. ini sebagai bukti nanti, kalau tebakan anda benar atau mendekati benar.
  • lipat dan tutup rapat
  • sekarang, sama seperti langkah di atas. lalu lakukan tebakan
  • tiap gambaran yang muncul, anda tulis di kertas. jangan ada yang terlewat.
  • gambaran yang muncul bisa berupa, bentuk, warna, atau memang gambaran benda secara utuh. 
  • kalau muncul gambaran utuh, gambarkan di kertas.
  • ok, sekarang buka gambar teman anda dan lihat...
  • tidak sama? beda sama sekali? ...tunggu dulu, lihat dengan seksama sekali lagi... pasti ada dari keterangan atau bentuk atau warna yang anda tebak, ada di dalam gambar teman anda!
  • kalau tidak ada hubungannya, sekarang coba dengan gambar yang lebih simpel.misalnya sendok, handphone, tv dll....
Kaget dengan hasilnya?
Silahkan kirim pengalaman anda.

Gambaran yang muncul dalam batin anda bisa sebagian, tidak utuh, terpecah-pecah seperti dalam kepingan puzzle. ini yang biasa terjadi. tapi jika diteliti, pasti ada kesamaan yang mendekati gambar teman anda.

itu sudah bagus. untuk orang seusia anda. berbeda dengan seorang anak kecil dibawah 10 tahun. silahkan dicoba.

tidak sulit kan?
saya asumsikan, anda melakukan latihan di atas hanya dalam waktu 1-2 hari saja.

nah, sekarang mari kita lakukan latihan yang lebih menantang sekaligus lebih menyenangkan!

latihan ke-3 : mencari benda 

syaratnya, anda harus melatih kepekaan tangan dulu ...ok, kalau sudah, sekarang lakukan step berikut :
  • cari ruangan yang tidak begitu besar, kira-kira 4x6
  • siapkan koin atau konci rumah dan selendang atau kain hitam untuk menutup mata
  • tutup mata anda dgn kain, pastikan anda tidak bisa melihat apapun
  • lalu minta teman anda menyimpan koin atau konci tadi di suatu sudut di ruangan tersebut. bisa juga di lemari atau di kotak.
  • tetapi, minta teman anda untuk melakukan gerak tipuan. yaitu, lakukan gerakan mengelilingi anda, mengelilingi ruangan. lalu buka tutup lemari, dan lain-lain seolah teman anda menyimpan benda tersebut di lemari. padahal bukan
  • setelah selesai menaruh benda, saatnya anda mendeteksi benda tersebut. gunakan teknik kepekaan tangan. tentukan 'tanda' yang ingin anda rasakan terhadap benda tadi, misalnya, benda itu terasa seperti daya mendorong kedua tangan. atau sebaliknya, menarik kedua tangan. atau terasa seperti getaran, semutan, atau seperti balon... pilih saja.
  • niat, mendeteksi. niat menangkap tanda yang anda tentukan tadi.
  • gunakan zero mindset control. agar pikiran anda tidak terganggu dengan pengalihan atau tipuan teman anda.
  • gabungkan teknik kepekaan tangan dan gambaran yang muncul dalam batin anda.
  • gunakan kedua teknik untuk saling kros cek. kalau dua-duanya cocok, maka langsung saja ambil benda itu di tempat yang sudah anda bayangkan.
  • tapi kalau belum sinkron, maka pilih salah satu yang lebih nyaman. apakah kepekaan tangan anda? atau kepekaan batin anda?
pada kali pertama latihan ini. saya jamin, anda akan pecah konsentrasi. anda akan mencoba berpikir, sugesti anda aktif. objektifitas hilang, karena ketenangan pikiran dan batin anda kacau.

jangan panik. itu biasa. apalagi anda dilihat oleh beberapa orang. apalagi anda merupakan orang yang dianggap pintar dan dituakan. pasti ego anda muncul dan merusak zero mindset control. anda tidak mau gagal.

tapi kalau anda santai. mengakui bahwa anda memang sebenarnya tidak tahu. justru hasilnya akan sangat mengejutkan. yaitu anda akan dengan mudah menangkap sinyal benda tersebut sekali latihan saja!

silahkan buktikan sendiri...

Kesimpulan & Saran


melatih kepekaan mata batin, melatih kepekaan intuisi, itu tidak mudah. JIKA ego anda besar. sebaliknya, jika anda meng-NOL-kan diri anda, maka pengetahuan atas sesuatu yang tidak anda ketahui, niscaya datang melesat kepada anda melebihi kecepatan cahaya

ini bukti bahwa ego atau nafsu adalah faktor penghambat perkembangan diri.

Jika anda rileks, santai, niat dengan benar, yakin kepada Allah swt yang Maha Mengetahui, seraya berdoa dan terus bergerak, dalam kesabaran dan ketenangan lahir batin, disertai sikap pasrah ... maka petunjuk itu akan terlihat jelas dan mudah masuk ke dalam dada serta getarannya terasa dalam segenap tubuh anda. InsyaAllah..

jika itu terjadi, anda hanya perlu ikuti dan nikmati prosesnya. apapun hasilnya, serahkan dan syukuri saja kepada Allah swt.

saya jamin, anda akan menemukan konci atau koin dengan mudah, seolah anda dapat melihat dalam gelap!

Kalau anda sudah menguasai latihan ini. berarti anda sudah siap untuk latihan menarik benda ghaib.

jika anda sudah mahir dengan 'permainan' di atas - pertanyaan menarik sebagai bahan renungan adalah....

"apakah yang terjadi, jika seluruh latihan di atas tadi anda tawarkan sebagai tantangan kepada orang yang mengaku-ngaku bisa melihat mahluk ghaib atau benda ghaib, atau orang yang sesumbar merasa paling mengerti perihal ilmu ghaib, atau kepada seorang penipu yang menjual keilmuan ghaib dengan harga selangit?"

simpan jawabannya dalam hati saja. tidak perlu dibahas apalagi diperdebatkan.

tetaplah introspeksi diri, tetap tawadhu dan merasa NOL dihadapan-Nya.

akhir kata, silahkan kirimkan pengalaman anda. mohon maaf bila banyak kekurangan dan kesalahan.

semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.




loading...

0 Response to "cara melatih kepekaan mata batin"

Post a Comment

Popular Posts